Peraturan Futsal

Diposting pada

Yalla Shoot – Nih tentunya teman akrab mengetahui bener dengan olah raga yang satu ini, terlebih yang laki-laki. Permainan yang sama sepak bola, tapi dengan perlengkapan dan peraturan yang berbeda, ya futsal. Nah, terhadap kesempatan kali ini Zona Siswa bakal mencoba mengupas materi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) tentang Peraturan Futsal. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Permainan futsal berada di bawah naungan FIFA (Federation Internationale Football Association). Oleh sebab itu, segala peraturan yang terjalin dengan peralatan, prosedur pertandingan, perwasitan, dan prinsip permainan dasar telah disusun dan disepakati didalam peraturan FIFA. Namun, segala peraturan setiap waktu bisa beralih kalau menyangkut pemain di bawah 16 tahun, pemain wanita, dan pemain yang usianya berada di atas 35 tahun. Berikut sebagian peraturan permainan futsal.

A. Perlengkapan dan Peralatan
Ukuran Lapangan Futsal
Lapangan futsal berbentuk persegi panjang dan di didalam ruangan. Namun, ada lapangan futsal di luar ruangan. Berikut ukuran lapangan permainan futsal berdasarkan standar FIFA.
• Panjang : 25 – 42 meter
• Lebar : 15 – 25 meter
• Semua garis punya lebar 8 cm. Pada titik garis sedang lapangan terkandung lingkaran dengan jari-jari 3 meter.
• Seperempat lingkaran garis gawang dengan jari-jari 6 meter.
• Titik penalti berjarak 6 meter.
• Titik penalti ke dua berjarak 10 meter.
• Titik tendangan pojok punya jari-jari 25 cm.

Ukuran Lapangan Futsal
Ukuran, Berat, dan Bahan Bola Futsal
Bola futsal berbentuk bulat sempurna. Terbuat berasal dari bahan kulit atau bahan lain yang layak. Keliling bola 62–64 cm, berat bola 400 – 440 gram, dan tekanan bola 0,4 – 0,6 atm.

• Gawang Futsal
Gawang tim lawan adalah sasaran setiap pemain didalam permainan futsal. Berikut ukuran gawang permainan futsal.
o Jarak tiang gawang ialah 3 meter.
o Kedalaman gawang 80 cm di bagian atas dan 100 cm di bagian bawah.
o Gawang dilengkapi dengan jaring yang terbuat berasal dari tali rami, goni, atau nilon.

• Waktu Permainan Futsal
Pertandingan futsal berakhir didalam dua babak. Masing-masing babak selama 20 menit. Waktu sela (time out) diberikan kepada satu tim selama 1 menit. Waktu istirahat selama 15 menit.

• Pergantian Pemain didalam Futsal
Pergantian pemain bisa digunakan setiap pertandingan. Pemain cadangan didalam permainan futsal maksimal 7 orang. Jumlah perubahan permainan selama permainan tidak dibatasi. Setiap pemain bisa diganti kemudian masuk ulang ke lapangan. Pergantian pemain dilakukan dikala bola tetap berada di didalam atau terlihat berasal dari lapangan permainan dengan keadaan berikut.
o Pergantian pemain dilakukan berasal dari wilayah perubahan pemain tim sendiri, baik yang masuk maupun keluar.
o Pergantian pemain bergantung terhadap kewenangan wasit.
o Pergantian diakui selesai terkecuali pemain pengganti jadi pemain aktif dan pemain yang digantikan berhenti bermain.
o Penjaga gawang pun boleh berubah posisi dengan pemainnya.

B. Perwasitan

Setiap pertandingan dipimpin oleh seorang wasit yang punya kewenangan penuh untuk menegakkan peraturan permainan yang terjalin dengan peraturan yang telah disepakati.

Wasit utama dibantu dengan wasit ke dua dan ketiga. Wasit ke dua bertugas untuk mendukung wasit pertama, yakni mengawasi jalannya pertandingan. Selain itu, ia bertugas untuk memberhentikan terkecuali berlangsung pelanggaran terhadap peraturan-peraturan dan meyakinkan bahwa perubahan permainan dilakukan dengan baik.

Sementara itu, wasit ke dua bertugas sebagai penjaga waktu, yakni dengan mencatat atas pelanggaran akumulasi lima pertama yang dilakukan tim, penghentian permainan, pemain yang mencetak gol, pemain yang mendapat peringatan, dan penyediaan informasi yang relevan terkecuali terkandung pemain yang komplain.

Terima kasih telah berkenan membaca artikel Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di atas tentang Peraturan Futsal, semoga bisa bermanaat bagi teman akrab sekalian. Jika ada berasal dari teman akrab yang menemukan kekeliruan baik berbentuk penulisan maupun pembahasan, mohon kirtik dan sarannya yang membangun untuk kemajuan bersama. ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *