Hukum Mengucapkan Barakallahu Fii Umrik (Ulang Tahun Islam)

Diposting pada

Ucapan Ulang Tahun – Berikut ini video berasal dari ustadz Abdul Somad yang tengah menjelaskan hukum mengucapkan ulang tahun didalam islam. Langsung saja tonton video selanjutnya ini.

Dari video selanjutnya mampu kami liat bagaimana ustadz Abdul Shomad menjelaskan bersama dengan baik berkaitan hukum mengucapkan ulang tahun. Dijelaskan pula dalil-dalil paling baik berasal dari Beliau. Nah, gara-gara itulah kami tidak mesti ragu ulang untuk mengamalkan ayat ini.

Adab Waktu Perayaan Ulang Tahun

Hari kelahiran merupakan kala yang memadai sakral. Bagaimana tidak sakral disaat seorang wanita bersama dengan mempertaruhkan nyawanya untuk melahirkan bayi tercinta.

Dia tahan rasa sakit demi keselamatan buah hati. Suaminnya tetap memanjatkan do’a untuk keselamatan keduanya. Dan kelahiran sang anak adalah moment terindah bagi mereka.

Dari situ, kami mampu berpikir bahwa hari kelahiran atau ulang tahun merupakan hari yang terlalu spesial. Sehingga banyak yang merayakannya bersama dengan puas cita. Ucapan selamat dan do’a banyak diberikan kepada mereka yang tengah ulang tahun.

Lalu yang menjadi pertanyaan, bagaimana sikap dan adab kami sebagai muslim kala hari ulang tahun?

Umat Islam adalah manusia yang miliki ketaqwaan yang tinggi kepada Allah. Karena dirinya mengerti bahwa segala yang tersedia didunia ini merupakan makhluk-Nya. Serta semua nya sudah masuk ke didalam aturan, juga juga hari ulang tahun.

Ada sebagian sikap yang arif kala perayaan ulang tahun, sebagian diantaranya sebagai selanjutnya ini:

Menjauhi Perbuatan yang Tidak Bermanfaat

Sebagai seorang muslim mesti untuk taat bersama dengan laksanakan apa yang Allah perintahkan dan sebaliknya menghindari yang dilarang oleh-Nya. Salah satu larangan-Nya adalah mendekati hal-hal yang mampu menjerumuskan pada kemaksiatan.

Bila kami melihat disekitar kami banyak yang merayakan hari ulang tahun bersama dengan acara yang tidak cukup bermanfaat. Semisal pesta yang disertai tindakan tidak cukup baik. Apalagi sampai laksanakan tindakan yang Allah larang.

Banyak juga yang mengadakan acara-acara yang condong hanya untuk menghamburkan uang. Dengan target hanya untuk melacak kesenangan sesaat.

Hal selanjutnya sudah disinggung Allah didalam Al-Qur’an surah Al-Isyra ayat 26-27 yang berarti,”Dan janganlah kamu menghamburkan (hartamu) secara berlebihan. Sesungguhnya orang yang boros adalah saudaranya setan.”

Dari ayat selanjutnya kami mampu mengerti bahwa Allah melarang makhluknya didalam menghamburkan uang. Sebab bagi meraka yang puas menghamburkan duit adalah saudara setan. Oleh gara-gara itu, menghindari kelakuan yang percuma dan tidak cukup menambahkan manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *